HMPS PBA IAIN Palopo Gelar Tadrib Maharah Al-Thalabah
Mahasiswa baru HMPS PBA IAIN Palopo menggelar Tadrib Maharah Al-Thalabah di Bora-Bora Camp, Kel. Mungkajang, Palopo, Kamis, 16 September 2021.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Tadrib Maharah Al-Thalabah (pelatihan keterampilan mahasiswa) di Bora-Bora Camp, Kelurahan Mungkajang, Palopo, Kamis, 16 September 2021.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palopo, Dr. Nurdin K., M.Pd.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh BEM FTIK, para alumni Pendidikan Bahasa Arab, organisasi persatuan mahasiswa bahas Arab se Indonesia Timur Cabang Makassar, serta seluruh mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Arab IAIN, 2021.

Sekretaris Umum HMPS PBA IAIN Palopo, Amalia Putri ketika diwawancarai penulis, mengatakan, kegiatan ini adalah program tahunan HMPS PBA yang diselenggarakan sebagai wadah untuk adik-adik mahasiswa baru, agar dapat saling mengenal satu sama lain.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah soft skill mahasiswa baru PBA. “Baik dalam hal Kemahasiswaan, public speaking, maupun dalam hal kepemimpinan,” ucapnya.

Lanjut dia, kegiatan ini berlansung pada 14-16 September. Dan Kamis (16/9) siang, telah dilakukan penutupan kegiatan secara resmi.

Pada akhir wawancara Amalia berharap, semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, seluruh pihak yang terlibat utamanya para peserta, mampu memiliki rasa cinta terhadap Prodi Bahasa Arab, mampu menjadi agent of change, serta mampu mampu menambah wawasan mengenai dunia kepemimpinan.

Sementara itu, Ketua Panitia, Muh Wildan mengatakan, kegiatan ini berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi selama kegiatan berlangsung, namun semuanya mampu diselesaikan secara bersama.

Lanjut dia, sebagai ketua panitia, tentunya ini adalah pengalaman yang sangat berharga. ”Tidak hanya bagi saya pribadi, tapi juga pengalaman bagi semua pihak yang terlibat, terkhususnya adik-adik mahasiswa baru. Untuk itu saya merasa sangat senang,” akunya.

Wildan juga berharap, semoga HMPS PBA kedepannya bisa lebih maju, dan lebih dikenal utamanya di kampus IAIN Palopo. Selain itu, dapat menciptakan berbagai hal yang luar biasa, bernilai positif, Serta diharapkan nantinya mampu menjadi cerminan bagi HMPS lainnya yang berkecimpung di kampus IAIN Palopo.